Anyone
can look for fashion in a boutique or history in a museum.
The creative explorer looks for
history in a hardware store and fashion in an airport.
-
Robert Wieder -
++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++++
Chick-fil-A
Tahukah anda Restaurant Fast-food
yang memiliki fans terbanyak (versi facebook)? Jawabannya ternyata bukan Mc
Donalds ataupun KFC,
adalah Chick-fil-A yang
memperolehnya dengan jumlah fans lebih dari 2 juta orang sampai bulan Juli
2010.
Chick-fil-A merupakan perusahaan
fast-food yang memiliki spesialisasi dalam olahan ayam terbesar no. 2 di dunia,
setelah KFC.
Chick-fil-A merupakan salah satu
restoran tertua di Amerika yang berdiri pada 23 Mei 1946, awalnya bernama Dwarf
House.
Selain tuanya umur restoran ini,
yang membuatnya menjadi spesial dan memiliki banyak fans adalah inovasinya
dalam beriklan.
Iklanya sangat creative dan
inovatif, dimana brand character dari Chick-fil-A bukannya ayam melainkan sapi.
Para sapi tersebut menyerukan untuk
lebih banyak mengkonsumsi ayam (Eat More Chicken), agar mereka (sapi) tidak
habis dieksploitasi.
Ada dalam sebuah iklan yang
menunjukkan para sapi sedang berdemo di depan gedung putih untuk mengurangi
pembunuhan sapi untuk di konsumsi
dan menggantikannya dengan ayam.
Yang terbaru memperlihatkan para sapi melakukan terjun payung kedalam
pertandingan rugby
untuk menghentikan para penjual
burger sapi di tribun penonton dengan menimpanya dari atas.
Dan hasilnya dengan keunikan
tersebut Chick-fil-A memiliki brand awareness konsumen terbesar di Amerika jauh
melebihi McDonald dan KFC.
Padahal dana yang dikeluarkan untuk
promosi jauh lebih sedikit dari kedua rivalnya tersebut. Hal itu karena mereka
memiliki sebuah karakter yang kuat
dan unik, sehingga hanya dengan
iklan yang sederhana pun Chick-fil-A mampu menarik perhatian konsumennya.
Dari cerita tersebut kita dapat
mengambil pelajaran bahwa ketika kita membuat sesuatu yang benar-benar berbeda
dari yang lain
(think out of the box) dengan
inovasi, maka kita akan mendapatkan sesuatu yang berharga, seperti Chick-fil-A
yang mendapatkan sapinya.
- berbagai sumber -
Sukses untuk Anda
Corporate Learning Center
Tidak ada komentar:
Posting Komentar