IKLAN

Minggu, 17 Mei 2015

MEMBERANTAS VIRUS SORTCUT / RAMNIT DENGAN SMADAV 2015

MEMBERANTAS VIRUS SORTCUT / RAMNIT DENGAN SMADAV 2015
Virus sortcut termasuk virus yang agak menakutkan karena merusak suatu file dengan membuat semua file tersebut menjadi sortcut jika berada di suatu drive yang sudah terinveksi virus sortcut. Mendelet atau menghapus file yang sudah menjadi sortcut tidak akan menghilangkan virus tersebut. Menggunakan CMD pun tidak akan berpengaruh meskipun digunakan oleh file yang sudah menjadi sortcut. Virus sortcut adalah virus yang cepat menyebar dan berkembang karenanya harus segera diatasi sebelum semua file yang ada di komputer menjadi sortcut. Teman saya bahkan harus menginstal ulang windowsnya karena semua file nya sudah berubah menjadi sortcut. Saya sempat menggunakan anti virus yang dimiliki windows 8 dan PCMAV Express untuk memberantas virus sortcut atau ramnit seperti gambar di bawah ini. Tapi setelah digunakan virus sortcat tetap ada karena ada banyak file yang terhidden/tersembunyi. Akibat dari virus ini  saya harus kehilangan data saya yang ada di flasdisk karena setiap flasdisk yang masuk akan terinveksi virus sortcut atau ramdit. Dan ada satu file yang ada di flastdisk yang sudah terinveksi virus sortcut atau ramdit meskipun harus didelet(dihapus) atau di format beberapa kali tetap tidak akan hilang dan akan muncul kembali di flasdisk. Ada yang bilang virus sortcut/ramdit berasal dari BB(blackberry).
Sebelum virus sortcut / ramdit menyebar kesemua windows saya maka saya pun menggunakan antivirus smadav 2015 seperti gambar di bawah ini. Begitu diinstal avast langsung mendeteksi file yang tersembunyi sebagai akar dari virus shortcut/ramdit tersebut. Saya nggak sempat ambil gambarnya tapi saya akan menunjukkan lokasinya, seperti gambar di bawah ini.
Digambar tersebut kan muncul file tersembunyi akan muncul virus shorcat/ramdit kemudian centang filenya dan klik unhide all seperti gambar dibawah ini


Kemudian kita klik hasil laporan untuk melihat ada virus kalau ada kita tinggal klik di bagian virus untuk membersihkan dengan mengklik clean all.



Tinggal di klik bersihkan jika ada virus, ya sekian informasi dari saya terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar